3 Cara Penting untuk Menjalankan SEO Off-Page

 

seo offpage

Sebelum kita membahas mengenai tiga cara penting dalam menjalankan SEO di luar halaman website (off-page) dan tetap bisa membangun nama untuk diri Anda sendiri dan mengarahkan lalu lintas pengunjung yang ditargetkan ke web atau produk Anda, akan saya singgung sedikit mengenai onsite dan onpage SEO.

SEO on-site adalah pekerjaan menuliskan konten yang teroptimasi, fokus pada kata kunci dan berpusat pada konsumen dan ini termasuk juga pekerjaan menuliskan judul dan deskripsi meta yang teroptimasi. Tentunya semua hal tersebut akan diminta dari Anda jika ingin Google dan mesin pencari utama lainnya memperhatikan profil online Anda, tapi Anda bisa juga melakukannya dengan cara menjalankan SEO off-page untuk mencapai tujuan yang sama seperti yang dilakukan di on-site.

Optimasi mesin pencari on-page pastinya merupakan salah satu metode utama yang tersedia jika Anda ingin meningkatkan visibilitas website Anda. Namun, SEO on-page acapkali membutuhkan kemampuan teknis. Kenapa? Karena tidak banyak orang yang menyukai HTML, sementara inilah yang diperlukan untuk dapat melakukan pekerjaan secara maksimal dalam mengoptimasi halaman website. Tentu, WordPress memiliki plugins yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan mesin pencarian seperti Yoast dan All In One SEO (favorit saya) tapi Anda tetap butuh pengalaman dalam menuliskan judul utama, judul-judul lainnya dan meta tags yang fokus pada kata kunci.

Bagaimana jika seorang teman sudah melakukan optimasi on-page dan sekarang Anda ingin mengetahui bagaimana Anda dapat berkontribusi pada kepopuleran dan kebaikan website Anda?
Optimasi off-page adalah langkah selanjutnya, dan hasil yang akan sangat Anda dambakan adalah backlink satu arah. Kenapa? Karena ini berarti seberapa besar mesin pencari utama seperti Google, Yahoo! dan MSN memberikan peringkat pada website. Semakin banyak backlink dari website berotoritas tinggi dan memiliki peringkat bagus, maka hasilnya akan semakin baik.

Jadi bagaimana sebenarnya Anda mengumpulkan backlink? Bukan pekerjaan yang mudah tapi pastinya tidak terlalu membuat Anda pusing kepala dibanding harus berurusan dengan HTML, apalagi jika Anda bukan techno junkie.

Berikut ini beberapa tips SEO off-page:

1. Membuat Artikel Marketing

Konten yang berkualitas adalah raja. Setiap orang haus akan informasi yang segar dan berkualitas dan memberikan hal tersebut akan membuat backlink mengalir berdatangan. Menjadi penulis yang tajam sangat membantu dalam upaya ini. Praktekkan juga cara yang tepat menggunakan kotak sumberdaya, yaitu kotak yang seharusnya hanya meliputi website yang berisi informasi relevan dengan artikel yang Anda kirimkan ke direktori artikel.

2. Berpartisipasi di Forum

Cari tahu forum-forum yang relevan dengan isi website Anda dan teruslah berbagi informasi yang akan sangat diperlukan oleh anggota forum. Jejak pesan yang menjadi ciri khas Anda atau pesan yang diikutsertakan pada bagian akhir di setiap postingan Anda akan bermanfaat bagi kampanye SEO off-page Anda. Buat sesederhana mungkin dan pastikan pesan tersebut menyampaikan sesuatu tentang website Anda, lebih disukai tautan yang berisi telusuri frase atau kata kunci terbaik Anda dan buat tautan tersebut mengajak orang ke halaman website Anda yang paling relevan terkait dengan kata kunci yang Anda pilih. Pelajari bagaimana melakukan hyperlink untuk memudahkan orang-orang yang ingin mengunjungi situs Anda.

3. Menulis Blog

Blog atau ‘weblog’ saat ini merupakan senjata paling populer bagi para pakar SEO. Selain mudah untuk diperbaharui, blog tidak membutuhkan gaya tulisan yang terlalu formal, dan itu justru disukai para pembaca. Dialog informal yang dapat dilakukan melalui komentar-komentar yang ditinggalkan pembaca dan jawaban penulis blog di komentar-komentar tersebut akan membuat blog tetap segar dan ramah terhadap mesin pencari. Menjaga blog tetap relevan terhadap konten website Anda akan membuat mesin pencari terhubung dengan situs Anda. Jangan lupa untuk memasukkan tautan website utama Anda di blog dan ada setidaknya tiga tautan per postingan blog ke berbagai halaman internal website Anda.

PENTING: Saat Anda mempublikasikan konten, selalu, selalu, dan selalu tautkan kembali ke halaman internal website Anda dan tidak hanya ke halaman utamanya. Percayalah, itu berpengaruh sekali!
Rahasia sukses menjalankan metode-metode SEO off-page ini adalah konsisten. Masukkan artikel berkualitas ke website setidaknya dua atau tiga kali seminggu dan tulis konten secara teratur ke blog personal Anda merupakan cara jitu untuk membuat website Anda terlihat menonjol.
Berpartisipasi di forum juga sesuatu yang harus dilakukan lebih sering karena hal ini tidak hanya akan membantu meningkatkan popularitas website Anda dengan mesin pencari namun juga membuat Anda belajar hal-hal baru dari partisipasi anggota forum lainnya.
Nah, jika Anda menemukan bahwa Anda tidak menikmati pekerjaan-pekerjaan yang memakan waktu ini, selalu ada rencana kedua – pekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda!

*Tak perlu sungkan untuk men-tweet , me-retweet, dan membagikan konten ini ke teman-teman, fans, dan follower Anda. Setiap orang harus tahu tiga metode utama SEO off-page ini untuk menciptakan brand dan mendorong lalu lintas pengunjung kembali ke website Anda untuk menciptakan konversi dan penjualan terlepas dari mengoptimalkan SEO di dalam website. Yuk, teruskan informasi ini!