7 Kuadran Strategi SEO Cerdas (DASEMRA)

7 Kuadran Strategi SEO

Smartdigital.id merupakan sebuah digital marketing agency di Indonesia yang mengedepankan sebuah performa SEO progresif dengan mengusung metode “Agile SEO” yang dalam bahasa Indonesia mengandung pengertian “Cerdas”, “Cepat”, “Efisien” sekaligus “Efektif”.

Ada 7 kuadran metode “Cerdas” yang dilakukan oleh jasa SEO smartdigital.id dalam memaksimalkan proses optimisasi SEO terhadap website klien. Metode ini kami sebut sebagai “DASEMRA” (Discover – Analyze – Strategize – Execute – Measure – Report – Adjust).

Melalui metode ini, smartdigital.id melakukan kampanye cerdas yang bukan hanya mengedepankan traffic semata akan tetapi juga memberikan value atau nilai yang baik dari segi brand milik klien dengan istilah “brand awareness”. Melalui metode inilah sebuah brand dapat dikenali oleh potensial konsumen yang kemudian diasosiasikan oleh konsumen kepada produk/layanan tertentu.

SEO merupakan serangkaian proses yang dikerjakan secara sistematis guna memperoleh volume dan trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju suatu halaman landas tertentu. Mekanisme dari SEO adalah bersifat fleksibel, terus bergerak, berganti serta berevolusi dari waktu ke waktu. smartdigital.id sebagai digital marketing agency yang cerdas memiliki pemahaman yang baik akan hal ini guna terus memberikan metode pelayan yang maksimal dan aman kepada klien.

The only constant thing about SEO is that it is not constant
– Google –

7 kuadran strategi SEO cerdas smartdigital.id Agency:

1. Discover

Discover merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan proses optimisasi SEO. Melalui hal ini, sebuah digital marketing yang cerdas akan melakukan komunikasi yang intensif dan mendalam kepada calon klien. Melalui langkah ini pula digital agency akan merangkum dan menarik kesimpulan mengenai persepsi (point of view) goals dan sukses dari klien, mengidentifikasikan dan membaginya menjadi poin-poin primer/sekunder, penghitungan metric dan mendefinisikan roadmap dari bisnis klien.

2. Analyze

Proses SEO Cerdas berikutnya adalah melakukan analisa. Sebuah digital agency yang cerdas akan melakukan SEO audit terhadap website klien secara internal (on page) maupun eksternal (seo off page) secara mendalam dan menyeluruh dengan sumber daya yang dimilikinya. Setelah proses audit selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan mapping dan mulai mengumpulkan data-data, kata kunci yang sesuai dengan bisnis online klien, memasang analytic dan sebagainya.

3. Strategy

Langkah ketiga adalah mengembangkan target jangka pendek dan jangka panjang klien. Memberikan saran dan masukan untuk membuat halaman landas yang relevan serta tampilan halaman yang paling baik dan sesuai guna menjaring calon konsumen potensial dalam bentuk konversi.

4. Execute

Setelah mendapatkan semua data-data serta goals dari klien, langkah selanjutnya adalah memulai eksekusi SEO. Pencatatan dan perencanaan yang baik akan memastikan semua proses SEO akan terukur dan terkoordinasi dengan baik.

5. Measure

Pastikan semua pengaruh positif yang terjadi selama berjalannya kampanye, termasuk mengukur nilai metric yang mungkin memiliki dampak yang kecil. Bagi klien, campaign value adalah segalanya. Bisa jadi hal yang kecil justru bisa memberikan pengaruh yang besar dari sisi klien. Sebuah perusahaan jasa seo yang baik tentu harus mengukur semua nilai-nilai ini saat berjalannya suatu SEO campaign.

6. Report

Report atau laporan mungkin adalah hal yang paling dinantikan oleh klien. Meskipun memiliki progres yang sederhana dan tidak terlalu signifikan, namun sebuah laporan merupakan bentuk dari pertanggung jawaban sebuah digital agency kepada klien yang dimilikinya. Bahkan lebih dari itu, manner. Disinilah keduanya dapat mengkomunikasikan kembali atau berdiskusi mengenai value-value yang berhasil diciptakan selama proses campaign berlangsung. Melalui sebuah laporan jua sebuah digital agency memberikan ingatan yang baik terhadap klien alasan mengapa ia membayar dan menggunakan jasa SEO dari sebuah digital agency.

7. Adjust

Ingatlah selalu apa yang dikatakan Google guna memahami cara kerja search engine, yaitu “Satu-satunya hal yang tidak pernah berubah dalam SEO adalah SEO itu sendiri”. Ini artinya sebuah digital agency yang cerdas akan selalu bisa mengidentifikasi kekuatan maupun kelemahan dari digital campaign yang dilakukan, kemudian membuat penyesuaian-penyesuaian yang paling jitu guna terus mengedepankan goals yang dimiliki oleh klien. Catatlah perubahan serta strategi apa saja yang dilakukan yang membawa kedua belah pihak kepada kesuksesan.