Cara Optimasi Adword Meningkatkan Akuisisi Pelanggan Sebesar 200% dalam 30 Hari

google adwords

Anda pasti sudah menemukan sejumlah postingan seperti ini yang menggambarkan “Cara ABC mencapai (jumlah) (kunjungan, transaksi, dll) dalam (jumlah) hari.” Anda mungkin akan langsung berkata, wow! kami merasa ini benar-benar sesuatu yang luar biasa bagaimana orang-orang ini berhasil melakukannya. Perubahan positif yang dilakukan hanya dalam beberapa hari merupakan hal yang menakjubkan. kami akan merasa kami juga bisa melakukannya, dan ini pasti suatu hal yang mudah.
Nah, jika Anda mencari cara yang mudah atau cara yang cepat, Anda bisa berhenti membaca artikel ini sekarang juga dan menghemat waktu Anda. Karena hasil yang positif merupakan bagian dari eksperimen dan uji coba terus-menerus serta keputusan tepat waktu yang dibuat berdasarkan insting.
Dengan menyampaikan hal ini, kami hanya ingin memberitahukan kepada Anda bagaimana optimasi Google Adwords dapat menciptakan hasil yang menakjubkan dan mengurangi CPA (Cost per Acquisition) Anda secara drastis. Mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan beberapa petunjuk dari sini yang bisa Anda terapkan pada akun Anda untuk mendapatkan lebih banyak konversi.
google adwords 2Membangun Saluran Akuisisi – Saat Anda berpikir tentang cara mendapatkan pelanggan, Google Adwords terbukti merupakan tempat yang tepat untuk memulainya walau ada beberapa saluran tersedia di pasar, tapi Google Adwords dan Facebook-lah yang mendominasi.
Menyiapkan Tujuan Optimasi: Persiapkan diri Anda dan definisikan dengan jelas bahkan sebelum Anda mulai berpikir apa yang harus dilakukan:

  • Apa yang sebenarnya Anda inginkan dari optimasi? (Di sini tujuannya adalah untuk meningkatkan pemesanan baru)
  • Apa yang sebenarnya Anda cari dengan lebih banyak pengunjung, pemesanan dan keterlibatan dari pengunjung?

Optimasi meliputi empat langkah utama:

  1. Riset
  2. Struktur
  3. Kata kunci
  4. Teks iklan

Riset

Dimana tepatnya pelanggan Anda berada saat ini?
Jika Anda bisa menjangkau mereka sebelum kompetitor Anda, apakah Anda memiliki kesempatan untuk membuat kesan pertama atas produk/ layanan Anda? Apakah Anda benar-benar mengenal siapa pelanggan Anda? Apa yang mereka lakukan, apa yang mereka pikirkan sebelum mereka membutuhkan Anda? Apakah mereka memiliki pilihan di pasar atau mereka masih mencari saat mereka tahu tentang Anda? Apakah Anda memiliki nilai yang unik dibandingkan kompetitor Anda?

Untuk memahami ini, maka Anda perlu melakukan:

  1. Riset, analisis, berinteraksi dan memahami kebutuhan nyata dari target audiens Anda.
  2. Menemukan dengan tepat titik ‘rasa sakit’ mereka (hal ini akan membantu Anda dalam membuat teks iklan).
  3. Menemukan apa saja yang bisa dikerjakan untuk mereka. Anda harus memikirkan semua sumber daya yang tersedia yang bisa Anda manfaatkan secara online/offline untuk menghilangkan ‘rasa sakit’ mereka.
  4. Memeriksa publikasi industri dan di mana kecocokan Anda

Beberapa trik (jika Anda memiliki data historis dan setup analitik):

  1. Gunakan perangkat pencarian kata kunci untuk menemukan cara orang-orang tersebut mencari
  2. Gunakan analitik untuk mengetahui darimana pelanggan Anda berasal

google adwords 3Kinerja Website: Pastikan UI dan Ux halaman landas tidak mengganggu pengguna dan bahasa yang digunakan sama dengan bahasa iklan dan Adwords Anda. CTR (Click-through Rate) yang sangat bagus akan sia sia jika Anda memiliki website yang payah.
Gunakan analitik, perangkat pengoptimasi website dan perangkat lainnya yang tersedia di pasar untuk menggali lebih dalam.

Struktur

Memiliki struktur akun yang solid akan benar-benar jadi landasan untuk membuat akun Anda sukses dan melejit ke tingkat berikutnya.
Sebelumnya, akun ini terstruktur sebagai berikut:

  • Kampanye: Layanan
  • Grup Iklan: Semua sub layanan
  • Kata Kunci: Menggabungkan tema dan tipe kata kunci. Menduplikasi kata kunci dengan tipe yang berbeda
  • Target: Negara

Struktur Akun Baru:
Kampanye: Layanan (Satu kampanye untuk satu layanan, klien memiliki beberapa layanan)

  • Grup Iklan: Satu sub layanan
  • Kata Kunci: Kata kunci yang berfokus pada tema untuk sub-layanan dengan tipe tunggal. Tidak ada duplikasi kata kunci untuk tipe lainnya
  • Target: Negara bagian/ provinsi (analitik sangat membantu di sini). Pastikan menggunakan opsi penargetan lanjutan

Saran:

  1. Pastikan ada tema yang sama dari kampanye ke grup iklan dan ke kata kunci
  2. Buat struktur akun keseluruhan yang sangat spesifik
  3. Gunakan nama yang deskriptif untuk kampanye dan grup iklan
  4. Jangan mencampurkan tipe-tipe kata kunci

Kata Kunci:

Setelah Anda mempersempit kata kunci, Anda perlu mengkonfirmasi jika kata-kata kunci ini benar-benar akan bekerja untuk Anda atau tidak, misalnya apakah mereka mengkonversi dengan baik. Tidak peduli seberapa tepat Anda mengambil kata kunci, jika Anda tidak mengujinya dalam praktek, Anda takkan pernah tahu dengan pasti apakah mereka bekerja dengan baik atau tidak. Anda bisa saja memilih kata kunci yang menguntungkan dengan volume pencarian global yang tinggi dan tingkat kompetisi yang rendah namun tetap tidak bergerak kemana-mana.

Perubahan yang dibuat:

  1. Coba variasi tunggal/ jamak
  2. Hentikan sementara kata kunci dengan volume pencarian rendah
  3. Hentikan sementara kata kunci yang tidak bekerja dengan baik (yaitu yang memiliki impresi tapi tidak ada klik)
  4. Hapus kata kunci yang luas dan tidak relevan
  5. Semua kata kunci berada di dalam satu grup iklan yang berfokus pada tema
  6. Hentikan sementara semua kata kunci dengan biaya tinggi namun tak ada konversi

Mengapa ini penting:

  1. Skor kualitas dan biaya per klik (CPC) maksimal
  2. Skor kualitas meliputi: CTR (Click-through Rate), kata kunci dan teks iklan, kualitas LP (Link Popularity), kinerja akun historis dan faktor relevansi tersembunyi lainnya oleh Google.

Penargetan secara Geografis
Penawaran terletak pada lalu lintas pengunjung dari beberapa lokasi geografis. kami menggunakan Google Analitik untuk membandingkan seberapa berbedanya lokasi-lokasi ini mengkonversi. Kadang-kadang, sesuatu yang cukup wajar untuk memiliki perbedaan yang signifikan dalam konversi untuk kata kunci yang sama antara negara-negara.
Saat Anda ke Google Analitik dan melihat mana negara-negara yang melakukan konversi terbaik, Anda dapat mengeluarkan upaya yang lebih banyak pada negara-negara tersebut.

Perubahan yang dibuat:

  1. Kampanye fokus ke negara bagian (provinsi)
  2. Menggunakan penargetan lanjutan dengan fokus kelompok/ ketertarikan
    Hasilnya:
  3. Mengurangi lalu lintas pengunjung yang tidak relevan
  4. Menurunkan bounce rate
  5. Meningkatkan CTR (Click-through Rate)

Teks Iklan:

Teks iklan haruslah spesifik, relevan, terasa emosional, atraktif dan membantu para pencari. Menggunakan differentiator (pembeda) , Unique Selling Proposition (USP), atau menonjolkan penawaran spesial dengan menggunakan karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dapat membuat Anda terlihat berbeda. Berpikirlah seperti konsumen dan gunakan istilah-istilah mereka dalam iklan Anda.
Perubahan yang dibuat:

  1. Masukkan kata kunci dalam teks iklan
  2. Uji coba beberapa iklan (5 – 6 per grup iklan)
  3. Buat iklan yang berbeda dari kompetitor dengan tampilan emosional
  4. Masukkan CTA (Call To Action) dalam teks iklan
  5. Gunakan karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
  6. Gunakan angka untuk penawaran
  7. Gunakan kata kunci dalam tampilan URL
  8. Uji kata kunci yang dimasukkan dalam bagian deskripsi dan judul
  9. Hentikan sementara iklan-iklan yang memiliki kinerja kurang baik

Perubahan yang relevan dalam teks iklan membantu Anda untuk mendapatkan skor kualitas yang lebih baik sehingga mengurangi biaya per klik rata-rata (Average Cost-per-Click) dan meningkatkan Click Through Rate (CTR) Anda.
Saran:

  1. Iklan-iklan yang memiliki kinerja kurang baik mempengaruhi kinerja akun historis Anda dalam jangka panjang
  2. Pesan yang spesifik akan meningkatkan konversi
  3. Melakukan pengujian akan sangat membantu
  4. Iklan Adwords dengan tema padat teks iklan akan sangat membantu

Perbaikan Kecil Lainnya:
Lakukan peninjauan terhadap seluruh laporan istilah pencarian akun untuk menambahkan kata-kata kunci negatif.

  1. Hapus kata-kata kunci yang rangkap
  2. Optimasi kata kunci dengan kinerja rendah
  3. Tambahkan perpanjangan iklan
  4. Gunakan tab dimensi untuk kesempatan penyesuaian penawaran
    Optimasi Google Adwords merupakan sebuah seni, bukan sebuah ilmu pasti. Dibutuhkan eksperimen untuk mengetahui apa yang akan terjadi untuk bisa tampil terbaik pada gerakan tertentu.