Google & Bing SEO Rank Checker Memakai Spreadsheet Google Drive

Smartdigital ID – Jika Anda sedang fokus kampanye Search Engine Optimization (SEO) tentu harus bisa mengukur atau measurable performa secara berkesinambungan. Peringkat atau posisi URL dalam Search Engine Result Page (SERP) suatu website adalah satu metric report SEO yang harus ada selain metric lainnya seperti trafik, conversion, DA / PA dan lainnya.

Ada 2 layanan premium yang bagus untuk cek rank website kita di SERP yaitu Rankwatch dan Positionly, Anda bisa pilih salah satunya dan tentunya memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing atau jika kamu memang mencari tools seo 1 akun tapi fitur mumpuni saya merekomendasikan ahref apalagi mereka baru saja meluncurkan fitur rank tracker. Untuk website besar seperti ecommerce atau startup yang mendapatkan modal dari investor, membeli layanan tools berbayar tentu tidak ada masalah tapi beda halnya dengan usaha kecil dan menengah atau UKM yang mungkin budget masih sangat terbatas serta SEO untuk UKM masih tergolong kecil termasuk keywords target.

Untuk track data rank posisi website Anda di google bisa saja manual tapi tentu butuh waktu dan kurang efektif pastinya, namun ada cara bagus bagi para pelaku UKM yang ingin membuat data rank sendiri melalui google drive spreadsheet. Sebelum membuatnya sebaiknya kata kunci yang akan di track tidak terlalu banyak, Anda bisa mensiasatinya dengan memilih kata kunci / keywords yang penting / menjadi konsen website Anda saja, bisa dengan dipilah berdasarkan search volume tinggi hingga medium.

Google and Bing SEO rank checker Google SheetsSeperti yang sudah di terangkan diatas, tools ini tidak cocok bagi yang ingin track data banyak keyword ribuan hingga puluhan ribu seperti ecommerce, tapi kalau puluhan hingga ratusan masih okelah serta data tracknya sebatas posisi 50, Anda bisa menjadikannya 100 misalnya. Caranya silahkan buka google drive Google and Bing SEO rank checker spreadsheet, report rank checker tersebut saya memakai contoh website tokopedia.com dan dalam sheet nya sudah saya beri panduan singkat, detilnya seperti ini:

  1. Setelah spreadsheet diatas dibuka (kamu dalam keadaan login), klik file dan klik “make a copy”
  2. Kolom A1 di sheet google results isi dengan alamat website Anda, tidak perlu pakai http atau https
  3. Isi bagian URL nya dengan halaman URL yang menjadi target optimasi Anda
  4. Highlight (agar mudah terlihat di listing), Blok semua dari kolom B19 – U19 hingga kebawah (Ctrl + Shift), klik format lalu pilih conditional formatting. Akan tampil di sidebar conditional format rules lalu isi teksnya atau edit teksnya dengan alamat website Anda.
  5. Sekarang pindah ke tab sheet “Keywords” lalu isi keywords listnya dengan keyword target kamu (sesuaikan dengan URL target tentunya), selesai.
  6. Untuk bagian “Bing results” biarkan saja karena bagian ini mengikuti tab sheet google results.

Untuk melihat hasil result scraping mesin pencari membutuhkan waktu jadi tidak bisa instant, biarkan saja dulu file spreadsheet tersebut. Anda bisa tunggu beberapa menit , semakin banyak keyword Anda maka tentu butuh waktu makin lama. Mengingat fluktuasi atau perubahan hasil SERP di mesin pencari sekarang sangat cepat, mungkin akan berbeda sedikit hasil yang ditampilkan. Hasil SERP yang ditampilkan adalah google.co.id dengan bahasa Indonesia, kenapa bahasa Indonesia? secara default chrome untuk device mobile di Indonesia memakai bahasa Indonesia dan mobile sudah menguasai sumber trafik bukan, beda dengan chrome versi desktop yang tergantung saat pertama Anda instal memilih bahasa apa. Tapi jika kamu ingin merubah hasil serp ke google.co.id bahasa inggris, kamu cukup edit bagian ini (B17):

=ARRAYFORMULA(REGEXEXTRACT(IMPORTXML(“https://www.google.co.id/search?q=”& SUBSTITUTE(B$1, ” “, “+”) &”&pws=0&gl=ID&num=50″, “//h3[@class=’r’]/a/@href[contains(.,’url’)]”), “\/url\?q=(.+)&sa\b”))

Ganti huruf yang diwarnai merah (ID) dengan EN di kolom B19, bisa juga ganti menjadi google.com jika mau, lalu copy ke kolom-kolom sebelahnya C19, D19 dan seterusnya. Sementara untuk Bing kamu edit kode id-ID&cc=id di kolom B19, jika ingin pakai bahasa inggris ganti id-ID ganti dengan en-ID

Sekarang Anda sudah memiliki tool sendiri untuk track posisi keywords kelebihan lainnya kamu juga bisa track posisi para kompetitor kamu, namun sekali lagi saya terangkan tentu ini cukup efektif untuk website UKM atau SEO campaignnya belum besar, sementara kelas ecommerce mending pakai tools berbayar. Selain spreadsheet Google & Bing SEO Rank Checker ini, Anda juga bisa mencontoh beberapa trik membuat data di spreadsheet drive google lainnya yang sangat bagus termasuk cek twitter profile (follower, website, dll) berdasarkan keywords. Silahkan baca di blog Moz ini.