Keyword Brand Suggestion di Pencarian Search Engine Google

bersih krn ahokBeberapa bulan lalu tepatnya sekitar Oktober 2016, banyak yang membicarakan tentang pencarian sungai bersih Karena ahok. Faktanya apapun yang Anda ketikkan di google dengan akhir bersih Karena bla..bla maka aka nada suggest maksud Anda bersih Karena ahok. Beberapa orang mempermasalahkan hal ini padahal ini adalah memang machine learning yang mana ketika banyak yang melakukan pencarian tertentu maka keyword tersebut akan terekam di search engine google yang akhirnya jika belum banyak yang mencari sesuatu dan berhubungan dengan kata kunci pencarian banyak tersebut, google akan coba beri suggestion.

Sebenarnya Anda bisa memaksa google untuk suggest brand Anda dan cara ini sudah sangat lazim di era sebelum tahun 2010 dan masih bisa dilakukan hingga saat ini. Anda hanya perlu membuat pencarian di google dengan kata kunci khusus Anda lalu copy URL di browser dan mulai campaign agar banyak yang klik url tersebut. Biasanya kebanyakan campaign ini memakai banner dan dipasang di web bertrafik tinggi, lebih khusus lagi biasanya dipasang di situs p-o-r-n-o dengan gambar menarik pastinya. Dari hasil suggest tentang ahok tersebut bisa dipastikan keyword apa yang di optimasi (campaign) agar dikunjungi banyak orang yaitu “bersih karena ahok”. Sungai bersih karena foke saat ini justru paling atas suggestion-nya jika Anda mengetikkan kata kunci sungai bersih karena + spasi karena banyak yang penasaran dan mengetikkan keyword tersebut setelah diliput di berbagai media berita online.

Kita ambil contoh jika ingin memulai membuat keywords suggest baru jasa seo smartdigital id, url yang akan dipasang untuk campaign tersebut adalah jasa seo smartdigital id. Ketikkan di pencarian google kata kunci tersebut (dilingkari biru) dan URL campaign Anda yang di lingkari merah.

smartdigital suggestKemudian sebar URL tersebut untuk mendapatkan kunjungan sebanyak mungkin dari IP yang berbeda tentunya. Lalu bagaimana mengukur jumlah klik atau visit agar bisa ditampilkan di google suggest? Standarnya adalah 1000 unique pencarian lebih dari IP yang berbeda sudah bisa jadi suggestion dan untuk posisi suggestnya Anda bisa mengukurnya dengan cara:

Kita ambil contoh keyword / kata kunci jasa seo smartdigital ID tadi, dan agar bisa mengukur jumlah target visit standarnya kita memakai tool keyword planner. Hitung-hitungannya adalah:

jasa seo spasiSilahkan cek search volume dari keyword suggest yang sudah ada yaitu “jasa seo (spasi)”, cukup sampai spasi saja lalu akan didapat keywordnya adalah “jasa seo Jakarta”, “jasa seo murah” dan “jasa seo Indonesia”. Cek search volume keyword tersebut dan didapat angka:

  • “jasa seo jakarta” search volume 1K – 10K
  • “jasa seo murah” search volume 1K – 10K
  • “jasa seo indonesia” search volume 1K – 10K

Keyword planner memakai standar pencarian per 12 bulan, Anda bisa coba set”date range” nya 1 bulan. Dari contoh diatas maka jumlah visit URL suggest Anda tadi paling tidak 1k lebih perbulan atau jika bagus lagi diatas 10K permonth untuk mengalahkan google suggest paling atas.

Dari cara ini Anda bisa mulai dari sekarang melakukan campaign brand suggest Anda dengan cara diatas, brand awareness Anda akan bagus. Brand memang tidak begitu besar berpengaruh di SEO namun hasil riset membuktikan bahwa sekarang ini reputasi dan pencarian tentang brand Anda bisa mempengaruhi ranking pencarian non brand Anda, apalagi jika sekarang google sangat mengedepankan related search (pencarian terkait) dari pencarian Anda sebelumnya.