Memahami Cara Kerja Search Engine

search engine

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan internet setiap hari, mungkin Google sebagai mesin pencari bukan lagi menjadi hal yang baru. Begitu mudah dan cepatnya pencarian informasi dengan menggunakan Google sehingga untuk mencari topik apapun yang perlu dilakukan hanyalah cukup dengan memasukkan kata kunci tertentu dan semua hasil pencarian akan langsung muncul di halaman pencarian.

Lalu apa dan bagaimana peranan SEO (Search Engine Optimization) bagi search engine? Sesuai dengan namanya, SEO memiliki peranan yang begitu besar dalam menentukan hasil pencarian yang dilakukan oleh search engine. Untuk dapat dengan mudah memahami bagaimana mesin pencari bekerja, kami akan membuat analogi yang sederhana.

Bagi Anda pemilik situs web atau blog, maka kami akan mengumpamakan jika website atau blog yang Anda kelola adalah rumah Anda sendiri. Sebagaimana rumah pada umumnya, rumah Anda juga memiliki ruang-ruang atau kamar-kamar yang terbagi menjadi kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan sebagainya. Dengan penataan dan struktur yang baik, tentu bukan hanya Anda yang akan merasa betah berada didalam rumah tersebut, akan tetapi tamu yang datang juga akan merasa sangat nyaman.

Hal itu pula yang menjadi konsep dari situs web atau blog yang Anda miliki. Dengan struktur website yang tertata dengan baik, tentu website Anda bukan hanya terlihat lebih bagus dan rapi akan tetapi juga dapat membantu mesin pencari yang datang berkunjung ke website tersebut untuk menelusuri dan mengambil berbagai macam informasi yang dibutuhkan.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir jika pada saat Anda mencari informasi dengan cara mengetikkan kata kunci di Google dan mulai melakukan pencarian maka pada saat itu juga search engine secara spontan langsung mengakses dan mengambil informasi dari semua website-website yang ada kemudian menampilkannya pada halaman hasil pencarian. Ini adalah konsep yang keliru !

Search engine tidak bekerja secara spontan karena mesin pencari bekerja dengan mengambil kueri dari database yang dimilikinya. Jadi manakala website/blog Anda muncul dalam pencarian, maka berarti jika sebelumnya search engine telah mengambil informasi dari web tersebut dengan mengutus agen (ada yang menyebutnya dengan robot.txt, spider, crawler dan berbagai macam sebutan lainnya). Agen ini bertugas untuk menjelajahi isi internet, mengambil informasi dari semua situs web/blog kemudian membawa informasi tersebut dan menyimpannya ke dalam data base search engine.

Bagaimana?. Apakah penjelasan tersebut sudah bisa dimengerti? Nah, jika Anda masih bingung, maka kami akan memberikan analogi lainnya. Mari kita berasumsi jika search engine adalah sebuah perusahaan asuransi dan para agen adalah para surveyornya.

Surveyor ini memiliki tugas untuk mendata isi semua website atau blog yang ditemui dan kemudian membawa pulang hasil laporannya kemudian memasukkan kedalam database perusahaan. Bagaimana, apakah kini penjelasan tersebut sudah bisa dipahami ?

Jadi ketika Anda mencari kata kunci menggunakan bantuan mesin pencari (Google), maka hasil pencarian yang ada bukan berdasarkan hasil yang responsif, langsung atau bersifat spontan, akan tetapi hasil pencarian yang ditampilkan merupakan data yang memang sudah ada dan tersimpan ke dalam database mesin pencari tersebut pada masa sebelumnya.

Tentunya dengan mengetahui bagaimana konsep kerja mesin pencari, maka tentu Anda akan semakin mengerti bagaimana peran dan fungsi dari SEO. Jadi, bagi Anda para pemilik situs website atau blog, maka cobalah untuk menata kembali situs yang Anda kelola, perbaiki strukturnya dan mengisinya dengan informasi-informasi yang bermanfaat sebab robot atau spider dari search engine ini akan mendatangi website Anda secara berkesinambungan, mencatat, kemudian membawa pulang data yang diperoleh dan menyimpannya kedalam database mesin pencari.

Berikanlah informasi yang relevan dan sesuai dengan topik situs, apabila situs web Anda berisi segala sesuatu mengenai bisnis, maka isilah dengan topik-topik yang berkenaan dengan dunia bisnis. Hal tersebut dimaksudkan agar informasi yang berhasil dicatat oleh agen/robot/spider memiliki kesesuaian dengan hasil pencarian yang dibutuhkan oleh para pencari informasi.