Menghitung Estimasi Organic trafik – SEO Channel

Menghitung estimasi trafik melalui SEO sangat penting untuk mengukur perencanaan dan strategy untuk memulai optimasi website (SEO) terutama dalam menentukan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Beberapa orang masih bingung untuk mengukur estimasi trafik organic melalu channel search engine optimization atau SEO, sebelum bisa menentukan estimasi trafik tersebut Anda harus tahu dulu persentase dari setiap posisi rank di halaman mesin pencari google.

Bagaimana menentukan persentase CTR setiap posisi rank di mesin pencari ?

Pertama-tama Anda harus login ke webmaster tool google atau search console, setelah login klik website Anda. Expand menu “Search traffic” dan klik “search analytics”. Setelah tertampil centang semua dibagian atas pilihan Clicks, Impressions, CTR, Position, seperti gambar dibawah ini:

search analytics

Scroll dan di bagian bawah pilih 500 biar banyak dapat datanya dan klik download pada bagian kiri, akan muncul pop-up dan pilih CSV.

Hapus kolom yang memiliki CTR 0%, dan sortir berdasarkan posisi ranknya, setelah itu mulai hitung estimasi persentase dari setiap rank position lalu rencanakan kolerasi antara posisi ranking dan %CTR.

googleserp
Sumber gambar seochat.com

Sangat jauh perbedaan dari masing-masing posisi ranking terutama posisi 6 kebawah.

Data yang didapat untuk CTR dari masing-masing posisi di search engine result page (SERP) akan seperti ini:

ctr seo
Sumber gambar seochat.com

Sudah terlihat sekarang tingkat CTR dari posisi 1 dan 2 sangat jauh ke posisi lainnya, dan posisi 6 ke 10 lebih jauh lagi namun antara 6-10 sangat tipis perbedaannya.

Berikut hasil rata-rata persentase dari setiap posisi rank

Position % CTR Data
1 52.00%
2 49.60%
3 29.00%
4 17.60%
5 14.29%
6-10 6.21%
11-20 4.96%

Dari hasil persentase inilah Anda mulai bisa melakukan perhitungan estimasi trafik dan kata kunci yang ingin di targetkan untuk di optimasi. dari hasil riset Smartdigital ID sendiri sebenarnya bisa dipecah lagi antara head keywords dan longtail keywords. head keyword bisa berupa 1 kata hingga 3 kata phrase dan longtail lebih dari tiga phrase. Berikut hasil perbedaan antara head keyword dan longtail keywords:

% CTR SERP

Itu baru menentukan % CTR dan selanjutnya adalah menentukan atau cara menghitung estimasi trafik dan menentukan kata kunci yang tepat.

Untuk memulainya Anda mulai riset kata kunci sesuai bisnis Anda dengan memakai tool keyword planner google, memang sekarang cuma ada rate bukan exact estimasi trafik di tool tersebut jika Anda memakai akun yang belum pernah melakukan campaign google adwords. Anda bisa ambil data tertingginya misalnya untuk keyword ABCDE memilik search volume 1k – 10k, nah ambil data yang 10k berarti 10.000 search volume perbulan. begitu juga dengan kata kunci lainnya. Sebenarnya kami sangat menyarankan Anda memakai tools berbayar dari longtail pro atau semrush karena data search volume dari tool ini cukup akurat.

Setelah data keywords beserta search volume didapat, Anda bisa mulai menghitung estimasi trafik dari keyword pilihan Anda tersebut dan ambil posisi rata-rata 5 atau bisa juga 3 di SERP. Dari total semua search volume keyword Anda, cukup di kalikan saja estimasi % CTR rank position 3 atau 5, kita ambil contoh:

Total search volume dari semua kata kunci pilihan Anda adalah 1 juta, dari 1 juta ini dikali 29% maka akan didapat estimasi trafik ke website Anda adalah 1.000.000 X 29% = 290.000 perbulan.