Mobile First Indexing

Mobile SEO Optimization


Mobile SEO Optimization

Mobile first indexing (MFI) adalah Sistem pengindeksan Google menggunakan konten website versi mobile (smartphone) sebagai sinyal utamanya.

Konten versi mobile inilah (termasuk design & crawlability) yang akan menentukan peringkat di hasil penelusuran mesin pencari Google.

Dulu Google hasil indeks di google memakai versi desktop atau robots spider crawler desktop.

Sejak adanya updated mobile first indexing ini maka yang merayapi situs Anda adalah robots versi mobile Google dengan user agent sebagai smartphone bot.

Saat ini semua situs baru secara default otomatis langsung kena mobile first indexing, saat ini sudah lebih dari 70% website di seluruh dunia sudah terkena MFI ini. Pada september 2020, semua website diseluruh dunia akan beralih ke mobile first indexing.

Fokus di Versi Mobile


Dengan adanya update dari Google ini tentu mau tidak mau jika ingin seo website tetap optimal di mesin pencari mereka, maka harus ikut menyesuaikan apa yang diinginkan oleh google. Lalu apa saja kriteria MFI ini?

Kriteria utama dari mobile first indexing ini adalah situs ramah versi mobile (smartphone), kecepatan loading yang baik.

Situs web versi mobile ada beberapa versi yaitu ada yang memakai versi subdomain m.website-saya.com, ada yang memakai accelerated mobile pages (AMP), ada yang menggunakan progressive web app (PWA) dan ada yang responsive web (url tetap sama).

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, namun rilis dari google terakhir bahwa mereka lebih menyukai (prefer) situs yang responsive design (termasuk PWA). Dalam artian url permalink tetap sama, tampilan sama ketika dibuka di desktop atau mobile.

Pagespeed

Apakah dengan pagespeed bagus otomatis peringkat di mesin pencari bagus? Belum tentu, sinyal pagespeed memang sinyal kuat dari Google kalau website tersebut sudah optimal untuk versi mobile.

Tapi ada faktor yang benar-benar menentukan agar website memilik peringkat bagus di SERP pasca update MFI tersebut.

Faktor usability, readability & accessibility adalah faktor paling utama dari mobile first indexing ini, serta design seperti apakah desain web memiliki color contrast background foreground, ukuran button dan lain sebagainya.

Smartdigital.id sudah lama fokus dengan mobile first indexing ini dan memiliki rahasia bagaimana bisa optimal di MFI, rahasia ini hanya Kami terapkan pada situs pelanggan Kami.

Baca referensinya dari artikel blog google langsung disini