Optimasi Mobile First Index, Pemulihan Rank Jika Website Anda Kena Efeknya

Mobile first indexing atau MFI adalah salah satu algoritma google yang sudah lama diperkenalkan namun makin intensif sejak maret 2018 dan puncaknya adalah sekitar pertengahan hingga akhir september 2018.

Menurut keterangan resmi dari goole bahwa mobile first indexing berarti google mengutamakan google bot smartphone agent dalam mengindeks suatu halaman website lalu menampilkan URL paling sesuai bagi user di hasil pencarian.

Secara garis besar faktor utama penentu website sudah optimal di versi mobile adalah dengan adanya meta viewport dan pagespeed versi seluler yang baik, namun kenyataannya ada lagi faktor penentu agar SEO website dan trafik dari handphone meningkat.

Updated mobile first index pada bulan september 2018 kemarin adalah puncak dari algoritma ini dengan ditandai notifikasi di alat Google search console Anda (plus minor updated MFI di oktober 2018).

Hampir lebih kurang 50% website di seluruh dunia terkena dampak updated ini termasuk juga website ecommerce. Padahal semua website sudah mobile friendly dan beberapa memiliki pagespeed yang cukup bagus. Anda bisa memakai tool pagespeed insight dari google disini.

Saya pribadi lebih menyukai test speed dengan cara inspect elemen, yaitu kunjungi halaman web, klik kanan dan pilih inspect atau tekan tombol Shift + Ctrl + C lalu pilih tab “Audits” dan run audits.

Jika saat updated sekitar september dan trafik web Anda terus merosot / anjlok, besar kemungkinan terkena dampak mobile first ini.

Faktanya! updated google algoritma MFI buka hanya faktor pagespeed yang menjadi konsen utamanya tetapi pengalaman user (user behavior) melalui seluler sebagai penentunya.

Agar SEO website Anda optimal untuk mobile first ini, sebaiknya perhatikan beberapa faktor penentunya dibawah ini.

Faktor tersebut diantaranya adalah:

Apakah kecepatan laman versi seluler mumpuni?

Kecepatan loading website adalah langkah awal agar performa SEO website Anda baik.

Apakah tampilan website versi mobile sama dengan versi desktop?

Faktor kesamaan apa yang ditampilkan versi mobile & versi desktop pada laman web adalah salah satu yang sering diabaikan oleh para web developer dan ini adalah faktor utama kebanyakan website terkena dampak updated mobile first indexing tersebut.

Konten di tampilan mobile seharusnya sama dengan konten versi desktop, tidak ada yang di skip (biasanya agar laman web mobile lebih ringkas, cepat). Jika berbeda hanya di ukuran gambar saja, jika beda siap-siap website Anda bakal terkena dampaknya.

Apakah ada popup di versi mobile yang mengganggu?

Hal yang sering terlewatkan oleh pemilik website adalah adanya tampilan popup seperti iklan intrusive (interstitial ad), newsletter subscribe, ataupun floating konten.

Hindari iklan yang mengganggu, untuk popup sebaiknya ada menu “close” begitu juga floating konten harus ada menu close (menutup/ skip konten tersebut). Jika ada iklan yang mengganggu, popup & floating tanpa menu close, siap-siap website Anda juga terkena dampaknya.

Desain web yang ramah pengguna

Desain website yang ramah pengguna ini lebih menitik beratkan kepada tampilan FONT dan BACKGROUND website. Mesin pencari google sudah bisa memprediksi font color mana yang cocok dengan background color tertentu.

Bisa jadi web Anda sudah optimal untuk versi mobile, baik tampilan dan juga pagespeed tapi jika ada diantara faktor diatas besar kemungkinan akan terkena juga, trafik dan ranking drop.

Website saya sudah ada versi AMP kok?

AMP atau Accelerated Mobile Pages tidak banyak membantu karena google lebih mengutamakan crawl (merayapi) web versi mobile Anda yang asli (baik itu responsive web ataupun dengan subdomain m.mywebsite).

Kesimpulan:

audit chrome consolelog chrome errorPagespeed yang sebenarnya adalah tentu dari seberapa handal server tempat hosting yang Anda gunakan. Karena secara logika juga bahwa andai situs berada di halaman pertama dengan kata kunci yang bisa menghasilkan trafik tinggi, tentu hosting Anda butuh hosting yang baik, minimal VPS atau dedicated server. Itu juga kenapa banyak brand besar, ecommerce, web berita bisa bagus SERP nya, sementara web biasa mulai tersingkir karena dari sini google juga sudah bisa menentukan sinyal.

Usahakan analisis performa website melalui chrome console (inspect elemen) karena dari sini lebih valid. Fokus dulu dengan faktor apakah ada error dan warning baru ke bagian lain. Karena faktor inilah paling utama dibanding defer css, block render dan lainnya. Jika ingin ambil source script, CSS atau masalah lainnya barulah pakai pagespeed insight.

Faktor lainnya yang bisa jadiĀ “First Contentful Paint” dan “First Meaningful Paint” dan sisanya kompress CSS web dan gunakan preload crossorigin serta pasang css kecil untuk @font-face font-style di header web serta preload stylesheet.

Sekarang sudah jaman http/2 push, jadi jangan terlalu fokus untuk dapat score 100/100 di pagespeed insight apalagi jika merusak tampilan website.

 

  • Mobile First Indexing bukan hanya bicara soal pagespeed tapi keseluruhan faktor pengalaman pengguna seluler termasuk font dan background.
  • Konten web mobile dan desktop usahakan sama persis.
  • Hindari miss ALT TAG gambar terutama versi mobile.
  • Hindari dengan sangat iklan yang mengganggu dan untuk popup serta floating konten harus ada menu close.
  • Jika Anda pengguna CMS wordpress, selektif saat instal plugin, apakah kompatibel dengan versi wordpress Anda.
  • Untuk plugin newsletter, pastikan di tes / uji coba isi form subscribenya karena biasanya kebanyakan bermasalah di thankyou popup atau popup pesan suksesnya.
  • Jika mengharuskan pilih mana antara pagespeed bagus VS tampilan versi mobile dan desktop beda? sebaiknya pilih tampilan versi desktop sama dengan seluler meskipun pagespeed web seluler Anda kurang optimal.
  • Faktor penentu kesuksesan SEO campaign sekarang adalah kesehatan onsite suatu website, meskipun offpage masih penting tapi onsite / onpage SEO harus baik dulu.
  • Sudah saatnya web developer peduli dan mempelajari basic SEO yang berhubungan dengan pekerjaannya. Begitu juga pelaku SEO harus mengerti dan faham secara teknis basic web dev.

Semoga membantu!

SEO Comments Off