Perubahan Karakter Search Engine Optimization (SEO)

Karakter SEO

Search Engine Optimization (SEO) telah ada sejak akhir 1990-an saat beberapa tokoh pemasaran percaya bahwa mereka ahlinya dalam topik SEO ini, namun kerumitannya seperti biasa terletak pada detil saat harus memastikan produk atau layanan Anda dapat ditemukan secara online. Dan detil tersebut terus-menerus berubah. Anda hanya perlu melihat pengumuman Google di akhir Februari mengenai penghentian menampilkan iklan Adwords di bagian kanan halaman pencarian untuk menunjukkan bahwa dalam dunia SEO, betapa berbahayanya mengasumsikan bahwa Anda mengetahui semuanya.

Memuaskan Para Pencari

Di masa-masa sebelum tahun 2013, mengoptimalkan konten Anda berarti mengkompilasi daftar kata kunci dengan performa teratas pada perangkat kata kunci Google dan mengintegrasikannya secara cermat ke dalam konten Anda. Sekarang, dengan sayap Hummingbird yang terus mengembang, Google tidak hanya akan mencari konten yang bagus, tapi juga mencari halaman yang paling dapat memenuhi kepuasan pengguna yang mencari dan Anda harus memastikan Anda berada di tahap itu.

Mesin pencarian sendiri telah mengumpulkan pengetahuan, yaitu dengan memperhitungkan bagaimana perilaku orang-orang yang masuk ke pencarian yang sama setelah mereka mengklik hasilnya – apakah orang-orang tersebut menghabiskan waktunya pada website dan menemukan jawaban yang mereka cari. Dengan “grafik pengetahuan” yang mengembalikan ringkasan informasi yang ditujukan pada pengguna yang memberikan dengan jawaban secepat mungkin, dan mungkin bahkan tanpa perlu mengklik hasilnya sama sekali, kecerdasan buatan tidak hanya menerjemahkan apa yang orang-orang cari, tapi juga menilai bagaimana perilaku mereka saat mereka mengklik hasilnya.

Jadi bagaimana hal ini mempengaruhi strategi Anda? Berpikirlah jauh melampaui hal-hal seputar kata kunci yang relevan dengan topik dan keinginan dari pengguna akan membantu Anda merencanakan konten yang lebih berharga yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan lebih baik, mempertahankan perhatian pengguna dan yang paling penting, memberikan tanda ke mesin pencarian bahwa Anda telah memberikan jawaban yang memuaskan.

Fokus pada Pengguna

Untuk beberapa waktu lamanya, SEO telah berhasil membuat semua klik penting dan membuat pengguna mengunjungi website Anda. Namun mesin pencarian mulai lebih memperhatikan tingkat kepuasan pengunjung website Anda. Di samping menyediakan konten berkualitas yang menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memenuhi harapan mereka, Anda juga perlu menempatkan pengalaman secara menyeluruh ke dalam perspektif untuk mengesankan pengunjung dan Google.

Faktor-faktor seperti ramah dengan perangkat seluler, kecepatan website dan desain, semua hal tersebut membuat pengunjung website lebih senang. Tidak yakin dengan performa website Anda dalam hal ini? Coba gali lebih dalam melalui Google Analytics untuk mencari potensi masalahnya. Apakah ada sesuatu yang menghentikan pengguna untuk mendapat kepuasan di website Anda? Kembali lagi ke dasar dan lihat apakah hal-hal yang memberikan Anda lalu lintas pengunjung sesuai dengan yang Anda harapkan atau apakah konten Anda benar-benar menjawab pertanyaan dan lihat profil orang-orang yang mementalkan (bouncing off) halaman website Anda. Jika konten Anda tampil bagus dan Anda berhasil mendapatkan lalu lintas pengunjung yang relevan tapi tidak mencapai tingkat konversi yang sesuai, bisa jadi ini saatnya Anda melihat optimasi tingkat konversi untuk mengidentifikasi adanya ketidaknyamanan pengguna dalam hal apapun.

Pentingnya Perangkat Seluler

Menurut survey The Moz mengenai faktor-faktor mesin pencarian yang dipublikasikan tahun lalu, sifat ramah terhadap perangkat seluler menjadi faktor SEO paling penting yang diperhitungkan. Hal ini mungkin tidak mengherankan bila Anda mempertimbangkan temuan di tahun 2015 bahwa tingginya pencarian melalui perangkat seluler menyalip tingginya pencarian melalui desktop untuk pertama kalinya. Jadi, jika Anda belum menerima isyarat dari Mobilegeddon, perangkat terbaru dari Google yang ramah-seluler, Anda harus tahu bahwa memberikan pengalaman yang berarti bagi pengguna perangkat seluler merupakan prioritas terpenting.

Anda harus berpikir melampaui bagaimana website Anda tampil di perangkat seluler dan mempertimbangkan apakah harus membuat semuanya berfungsi dan memenuhi keinginan pengguna dalam setiap format. Tak ada yang lebih membuat frustasi daripada mencoba untuk melihat ke menu restoran atau memesan lewat ponsel Anda hanya untuk menemukan bahwa fungsi tersebut hanya bekerja di layar desktop. Perlu diingat bahwa pencarian melalui perangkat seluler memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong penjualan lokal. Ada kemungkinan seseorang yang berusaha untuk melihat-lihat menu restoran juga sedang mencari tempat makan di sekitarnya, jadi pebisnis yang ingin menarik langkah kaki calon pengunjung akan mempertimbangkan fungsionalitas di perangkat seluler dan juga apakah halaman lokal mereka, daftar-daftar yang relevan serta ulasan berada pada tempatnya.

Hei Siri!

Masih berkaitan dengan pentingnya pencarian melalui perangkat seluler yang semakin meningkat yang merupakan syarat untuk faktor meningkatnya jumlah orang yang menggunakan pencarian lewat suara. Asisten digital seperti Siri dan Cortana menjawab dengan tangkas pertanyaan-pertanyaan verbal, menambah lapisan ekstra untuk pencarian semantic. Riset yang dilakukan oleh MindMeld baru-baru ini menemukan bahwa 37% dari 1.800 pengguna smartphone dewasa yang disurvei belum mencoba pencarian dengan bantuan suara, tapi 60% telah mulai menggunakannya dalam kurun waktu sejak setahun lalu dengan 40%-nya bereksperimen dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Angka-angka ini diperkirakan akan terus bertumbuh.

Pendekatan Terintegrasi

Selama beberapa tahun terakhir SEO telah menjadi makin mahir dalam memanfaatkan saluran pemasaran digital lainnya untuk mendukung pekerjaan optimasi mesin pencarian. Saluran-saluran tersebut meliputi penggunaan media sosial untuk membantu penyebaran konten. Diharapkan tautan-tautan dari Facebook, Twitter dan Youtube akan jadi lebih penting dengan interaksi pengguna terhadap tautan-tautan tersebut akan membantu Google memutuskan seberapa diandalkannya Anda sebagai sumber informasi. Secara kebetulan juga, ada indikasi kuat bahwa Google akan memperkenalkan iklan video ke hasil pencarian. Aplikasi ponsel juga area lain untuk diperhatikan karena lebih banyak konten aplikasi yang di-indeks dan tautan-tautan yang menunjukkan ke halaman-halaman tertentu di dalam aplikasi yang disandangkan dengan lebih banyak makna.

Secara keseluruhan, pesannya adalah strategi SEO Anda tidak harus dijalankan dalam isolasi ketat dari aktivitas pemasaran digital lainnya. Pendekatan holistik justru perlu diambil yang mengintegrasikan tampilan, pencarian berbayar, media sosial dan pemasaran konten untuk bisa melayani target konsumen Anda dengan lebih baik.