Perusahaan UKM atau Baru Merintis, Channel Digital Marketing Mana Yang Harus Anda Utamakan

Tidak sedikit perusahaan yang baru merintis ataupun usaha kecil dan menengah (UKM) dengan permodalan terbatas tentunya akan sangat selektif dalam membelanjakan biaya promosi / marketing. Memang hal seperti ini harus difikirkan secara matang dan memakai strategy agar kesehatan keuangan perusahaan atau cash flow terjaga dengan baik.

Di dalam internet marketing ada banyak sekali channel-channel nya, beberapa ada yang bisa dijalankan dengan ZERO BUDGET (tanpa modal) dan beberapa lainnya tidak bisa alias harus ada budget tertentu. Untuk memulai kampanye promosi marketing dengan zero budget, ada beberapa channel yang bisa kamu manfaatkan diantaranya adalah SEO, social media dan email marketing.

Channel Digital MarketingChannel Gratis

Search Engine Optimization (SEO)

Marketing melalui seo sebenarnya bisa Anda lakukan meskipun dengan zero budget, Anda bisa belajar seo di forum-forum ataupun melalui teman / kenalan Anda. Namun Anda harus benar-benar harus selektif jika ingin belajar SEO karena tidak jarang ada beberapa praktisi SEO yang melakukan secara srampangan, black hat atau spamming. Jika Anda sudah mulai merasa cukup dengan pembelajaran SEO tersebut, Anda bisa memulai optimasi website perusahaan Anda. Meskipun sisi baiknya bisa dilakukan dengan ZERO budget, tentunya dibutuhkan EFFORT atau USAHA keras dari Anda untuk melakukan kampanye SEO tersebut. Bayangkan jika Anda harus mengelola semua operasional perusahaan, tentu tidak ada waktu lagi untuk melakukan optimasi SEO.

Social Media

Melalui social media juga bisa lakukan meskipun dengan zero budget, mulai dari membuat fanspage, share dan mengundang teman atau tag teman Anda saat share agar visibility perusahaan Anda makin meningkat.

Email Marketing

Email marketing sekarang ini masih efektif untuk channel marketing suatu usaha. Anda harus memulai list building email dari calon potensial pelanggan Anda. Ada beberapa tool atau jasa gratis untuk melakukan email marketing ini, Anda cukup cari di internet. Layanan email marketing gratis yang cukup bagus dan layak Anda coba adalah Mail Chimp. Namun tentunya ada kekurangannya jika Anda memakai free / gratis di bandingkan dengan berbayar.

Channel Berbayar

Selain channel yang bisa zero budget, ada juga channel marketing yang bagus tapi harus berbayar, diantaranya adalah Google Adwords, diplay ads (adskom, adplus, adstar), iklan di social media, email marketing berbayar dan lainnya.

Google Adwords Paid Search

Paid search atau lebih di kenal SEM adalah salah satu channel yang efektif untuk menarik visitor berkualitas, SEM memiliki tingkat conversion yang tinggi.

Facebook Ads

Facebook Ads adalah channel promosi melalui social media facebook dan sangat efektif untuk meningkatkan awareness dan engagement perusahaan Anda.

Study Case

Memulai perhitungan channel saat melakukan promosi terutama channel berbayar harus di lihat juga dari sisi bisnis Anda, produknya apa, mencakup wilayah mana saja dan lainnya. Jika usaha Anda hanya melayani di wilayah tertentu seperti Jakarta misalnya, channel yang terbaik untuk Anda pilih adalah Google Paid Search. Channel ini sangat kuat untuk menentukan geo target dari calon pelanggan Anda.

Facebook Ads sangat baik untuk meningkatkan awareness dan engagement produk dan perusahaan Anda tapi channel ini sangat tinggi unsur VIRALITY nya. Ada sebuah kasus dimana sebuah perusahaan yang bergerak di jasa pinjaman keuangan cepat dengan bunga tinggi dan hanya melayani wilayah tertentu seperti JABODETABEK harus berhati-hati memakai channel ini, kenapa ?

Seperti yang Kami ungkap sebelumnya bahwa channel ini sangat tinggi unsur viral-nya sehingga perusahaan jasa peminjaman tersebut meskipun sudah setting geo target / lokasi calon pelanggan di wialayah JABODETABEK namun pada kenyataannya, dari 10 calon peminjam hanya 2 dari wilayah target dan sisanya di luar wilayah target pelanggannya. 2 dari pelanggan yang sesuai target lokasi tersebut justru membuat viral “NEGATIF AWARENESS”

Andaipun perusahaan Anda mendapatkan pelanggan dari channel ini tapi diluar jangkauan wilayah usaha Anda, justru akan membuat perusahaan Anda terlihat tidak profesional karena pasti akan banyak calon pelanggan yang Anda tolak. Jadi mulailah selektif dan bijak dalam melakukan pemasaran.

SEO dan SEM

SEO adalah jenis pemasaran yang sangat bagus, long-term (jangka panjang) dengan tingkat konversi tinggi, namun perlu di-ingat bahwa SEO membutuhkan waktu untuk bisa memetik hasilnya. Di sinilah peran paid search (SEM) harus Anda jalankan, paling tidak hingga SEO website Anda menunjukkan performa yang baik. Sebenarnya Anda masih bisa menjalankan kampanye paid search ini meskipun performa SEO website Anda sudah bagus karena dari performa SEO yang bagus bisa juga meningkatkan performa SEM Anda seperti BIDDING yang kecil, impression ads Anda juga tinggi.

Kesimpulan:

  • Meskipun channel free budget / zero budget bisa Anda lakukan namun effort yang dibutuhkan sangat besar, ada baiknya Anda harus memakai jasa pihak ketiga dengan harga murah seperti WONSEARCH.COM misalnya atau cari karyawan untuk handle hal tersebut.
  • Sesuaikan channel pemasaran Anda dengan bisnis Anda
  • Strategy menjalankan channel marketing, kapan harus memulai, kapan harus menurunkan budget dan spend budget ke channel lainnya.