Report Otomatis dari Google Analytics ke Drive Sheet

Menganalisa data dari google analytics sudah lumrah dan biasa dilakukan oleh para pekerja dunia digital marketing, namun saat Anda ingin membuat report dan mengolah data tersebut tentu cukup menyita waktu. Sebenarnya sudah lama ada Add-ons yang bisa membuat pekerjaan reporting data dari google analytics Anda menjadi mudah dan cepat, semua data yang sudah kamu pilih atau setting di analytic bisa otomatis masuk ke google drive sheet Anda. Tidak butuh skill teknik code-code an untuk melakukan ini, melalui tool ini kamu bisa dengan mudah membuat report:

google-analytics-spreadsheet-add-on

  1. Data kueri dan laporan dari beberapa tampilan.
  2. Hitung dan tampilkan perhitungan kustom.
  3. Buat visualisasi dan embed visualisasi tersebut di situs web pihak ketiga.
  4. Jadwalkan laporan Anda untuk berjalan dan update secara otomatis.
  5. Kontrol siapa yang dapat melihat data dan visualisasi Anda dengan menggunakan fitur berbagi dan privasi Google Spreadsheet.

Video Tutorial

Berikut video tutorial dari google untuk memudahkan Anda memulai memakai add-ons ini:

Membuat dashboard dengan Google Analytics Spreadsheet Add-on

Instalasi Add-on

Untuk menggunakan add-on Google Analytics, pertama-tama Anda harus menambahkannya ke spreadsheet Anda. Berikut Petunjuk prosesnya:

Buat Google Spreadsheet baru (atau buka yang sudah ada).
Klik tab Add-ons: Add-on> Get Add-ons.
Temukan Add-on Google Analytics dari galeri yang ada dan pilih itu.
Dari halaman deskripsi tambahan, klik tombol “+” di pojok kanan atas untuk menambahkan add-on ini ke spreadsheet Anda.
Dialog akan muncul meminta izin untuk mengakses data Google Analytics Anda. Klik “Terima”.
Add-on sekarang sudah terpasang. Submenu “Google Analytics” sekarang harus muncul di menu Add-on.

 

Laporan dapat dibuat secara manual atau dengan bantuan tool pembuatan laporan add-on. Untuk menggunakan alat ini, pilih “Add-on”> “Google Analytics”> “Buat Laporan Baru” dari tab menu. Akan tampil form di sebelah kanan yang memungkinkan Anda mencari informasi akun Google Analytics dengan mudah dan juga memilih dimensi dan metrik untuk kueri. Setelah selesai, klik tombol “Buat Laporan” dan informasi laporan Anda akan muncul dalam sheet yang bernama “Report Configuration”.

Untuk membuat laporan tambahan, cukup ulangi langkah-langkah di atas. Setiap laporan tambahan yang Anda buat akan menambahkan kolom data baru di sebelah kanan laporan sebelumnya. Kamu juga bisa menambahkan sendiri tampilan menarik lainnya seperti chart report serta menjadwalkan berdasarkan jam, hari, mingguan dan bulanan.

Untuk add-on reporting spreadsheet otomatis lainnya ada yang bagus dari supermetric tapi sayang yang versi free terbatas fiturnya, tapi jika kamu memakai yang versi berbayar, tools ini mengklaim kamu bisa mengintegrasikannya dengan facebook, ads, facebook insight, google adwords, doubleclick, adobe Sitecatalyst (beta). Silahkan cek sendiri di https://chrome.google.com/webstore/detail/supermetrics/bnkdidgbiidpnohlnhmkehlimlnfhgce?hl=en