Seberapa Penting SEO Untuk Bisnis Online Yang Anda Miliki?

Search engine optimization (SEO) mungkin menjadi salah satu hal penting yang Anda perlukan untuk menumbuhkan pangsa pasar bisnis Anda. Pertanyaan yang mungkin muncul kemudian adalah “mengapa saya membutuhkan SEO”?.

Sebagaimana kita ketahui, saat ini Google menjadi salah satu mesin pencarian terpopuler dan paling sering digunakan. Pangsa pasar Google juga sangat besar, tak hanya di Indonesia akan tetapi juga dunia. Tentu tak salah jika kemudian banyak brand-brand besar yang menjadikan Google sebagai penghasil traffic terbesar ke situs-situs milik mereka.

Alasan Penargetan Traffic dari Google

Meskipun budget untuk online marketing biasanya bukan menjadi masalah bagi situs-situs besar, namun tentu diperlukan efisiensi sekaligus kanal alternative lain selain iklan berbayar. Efisiensi tersebut bertujuan untuk menekan seminim mungkin anggaran biaya iklan dan mengalihkan ke kanal bisnis online yang lebih efisien seperti SEO. Kita bisa bayangkan bagaimana budget yang diperlukan untuk iklan TVC (TV Commercial) yang bisa menelan biaya hingga miliaran rupiah hanya untuk membangun branding dan awareness terhadap suatu brand. Namun seberapa efektif?. Cost yang diperlukan untuk TVC tentu bukan hanya pada saat iklan tersebut tayang di televisi saja akan tetapi juga biaya produksinya yang bisa menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Lalu bagaimana dengan iklan berbayar di Google?. Iklan berbayar tentu bisa saja dilakukan, namun tentunya harus dilakukan secara cermat karena semuanya dihitung berdasarkan budget yang dimiliki. Efektifitasnya baru bisa dirasakan jika diukur secara benar dengan budget yang seminim mungkin. Meskipun demikian, karena iklan ini berbasis pada budget yang dimiliki maka ketika budget habis iklan pun tidak tayang lagi. Jika iklan tak tayang, secara otomatis website Anda tak akan mendapatkan kunjungan lagi. Berbeda dengan SEO, jika ranking website sudah optimal maka traffic akan datang dengan sendirinya melalui kata kunci berdasarkan query yang dilakukan oleh user.

Mengapa Memilih SEO Sebagai Kanal Digital Untuk Penjualan

Ada beberapa faktor yang melatari kenapa SEO menjadi channel digital andalan, saya akan menjabarkan garis besarnya sebagai berikut:

1. Website Yang Lebih Optimal dan Friendly Untuk Search Engine

SEO tidak hanya mengandalkan faktor optimasi eksternal seperti membuat sebuah ekosistem link di luar sana yang mereferensikan website Anda saja, akan tetapi juga perlunya dilakukan pembenahan dari sisi internal website agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Adapun pembenahan teknis yang biasa dilakukan oleh tim SmartDigital kepada klien diantaranya meliputi pengecekan kesehatan situs, pembenahan meta title, meta description yang lebih relevan dengan bisnis klien, kecepatan loading website, pembuatan content marketing di web sebagai salah satu sarana informasi sekaligus penjualan yang lebih soft-selling dan persuasive yang juga menjadi salah satu layanan andalan kami di SmartDigital.

Website yang optimal tak hanya berpengaruh terhadap keyword ranking SEO saja, akan tetapi juga memiliki pengaruh yang baik terhadap peningkatan score saat Anda menggunakan iklan Google Adwords. Dengan score yang lebih tinggi, maka otomatis iklan Anda bisa ditekan dari sisi cost serta peringkat yang lebih baik.

2. Link building

Jika internal website sudah optimal, maka proses yang dilakukan selanjutnya adalah content seeding atau yang lebih akrab disebut link building. Link building ini dilakukan sebagai sarana untuk mendapatkan referensi berupa hyperlink dari berbagai situs atau website ke website Anda. Meskipun terlihat cukup simple, namun pada kenyataannya hal ini memerlukan teknik yang cukup rumit agar terlihat natural. Mulai dari komposisi penggunaan kata kunci jangkar/anchor text yang digunakan (keyword target, brand keyword, general keyword) hingga jenis konten yang digunakan.

Hasil yang didapatkan dengan menggunakan SEO

Sebagai penyedia layanan jasa konsultasi sekaligus menangani SEO secara langsung terhadap klien, SmartDigital telah memiliki berbagai pengalaman dalam menangani berbagai macam jenis bisnis dan usaha, mulai dari UKM hingga perusahaan-perusahaan berskala nasional. Adapun keberhasilan yang bisa dicapai diantaranya sebagai berikut:

1. Organic traffic

Dengan menaikkan ranking website dengan kata kunci yang relevan, maka secara otomatis organic traffic yang bersumber dari Google pun meningkat. Peningkatan jumlah kunjungan ini kemudian dapat dimonetisasi dalam bentuk konversi/penjualan yang jauh lebih efektif dari sebelumnya.

2. Branding

Branding menjadi hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Dengan branding yang baik, maka produk akan menjadi lebih familiar dan dikenal oleh masyarakat luas. Branding dapat membangun loyalitas konsumen yang Anda targetkan. Ketika branding sudah demikian kuat, Anda otomatis memiliki konsumen yang loyal terhadap brand atau merek yang Anda jual.

3. Website yang optimal dan SEO friendly bagi search engine

Setelah SEO telah diimplementasi secara baik, maka bisa dipastikan jika website Anda menjadi jauh lebih optimal dari sebelumnya. Efeknya adalah jumlah kunjungan yang semakin banyak setiap harinya, market yang lebih luas dan dapat dengan mudah di ekspansi, branding yang kuat yang secara otomatis berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai betapa pentingnya SEO bagi perkembangan bisnis yang Anda miliki, tentunya Anda tak perlu lagi merasa ragu untuk menggunakan layanan SEO. Namun satu hal yang perlu di ingat adalah selalu gunakan layanan jasa SEO yang terpercaya, kredibel, memiliki portfolio klien yang pernah ditangani serta akuntabel dengan proses pengerjaan yang bisa dipertanggung jawabkan. Selalu hati-hati dalam memiliki SEO agensi dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah karena SEO adalah bagian dari investasi jangka panjang yang penting bagi bisnis Anda di masa depan.