Home » Analytics » Reporting Metrics Akurat

Reporting Metrics Akurat

reporting metrics akurat

Reporting Metric atau pengumpulan dan pelaporan data metrik terkait data pengunjung, target pasar dan data penunjang lainnya, merupakan salah satu langkah penting sebelum Anda menganalisa dan melakukan evaluasi terkait pertumbuhan sebuah website.

Ada banyak tool yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal tersebut, salah satu yang paling banyak digunakan adalah Google Analytics. Tools dari Google tersebut tersedia dalam dua versi, versi free dan premium, dengan fitur dan fasilitas yang berbeda.

Apa Yang Bisa Dilakukan Google Analytics?

Google Analytics merupakan software berbasis web yang digunakan untuk menganalisis kinerja sebuah website, mengetahui jumlah pengunjung, melacak usia pengunjung, gender, perangkat yang digunakan, habit atau kebiasaan pengunjung, perubahan tren dan lainnya.

Berikut merupakan beberapa fitur canggih Google Analytics yang bisa digunakan sebagai pintu untuk mengembangkan website yang Anda kelola, sekaligus menjawab kebutuhan pasar.

  1. Analytics Intelligence, fitur ini berfungsi untuk mendapatkan beberapa informasi terkait kinerja sebuah website, perubahan tren, dan peluang lain yang penting untuk Anda ketahui demi mengembangkan website tersebut.
  2. Pelaporan atau Reporting, merupakan fitur khusus yang berfungsi untuk mengetahui bagaimana (pola) pengunjung berinteraksi dengan website Anda, tingkah laku pengunjung, durasi kunjungan rata-rata, diagram alur pengunjung dan lainnya.
  3. Data Analysis and Visualization, merupakan fitur yang berfungsi untuk memvisualisasikan berbagai data yang tersaji dari hasil pencarian terkait konten yang berada dalam website Anda, kemudian mengaksesnya, dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.
  4. Data Collection and Management, yang mendukung penggunaan library JavaScript, aplikasi SDK, dan Open Measurement (OM) protocol.

Semua data tersebut bisa diakses, kemudian digunakan untuk menganalisa serta memaksimalkan pertumbuhan sebuah website. Tujuan utamanya adalah, untuk membangun sebuah website yang sesuai dengan target pasar, sekaligus meningkatkan jumlah transaksi pada website tersebut.

Hanya Web Reporting, Bukan Web Analysis

Selain Google Analytics, sebenarnya masih banyak tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan data metric secara akurat. Beberapa tools atau aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama, atau malah bisa diintegrasikan sebagai pelengkap Google Analytics.

Contohnya, Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tool, yang dipadukan dengan tool metric lainnya, seperti Google Analytics, Google Trend, Google Adwords, Statcounter, CrazyEgg, SEMrush, hingga Google Website Optimizer.

Tapi ingat, semua tool tersebut hanya berfungsi sebagai Web Reporting saja, bukan Web Analysis. Artinya, Anda mungkin bisa mengakses, dan melihat data-data tersebut, tapi belum tentu bisa menggunakannya. Ibarat membaca laporan tertulis, tanpa melihat langsung kondisi lapangan.

Cara Melakukan Web Analysis?

Cara untuk masuk ke tingkat Web Analysis sebenarnya cukup sederhana. Anda harus punya kemampuan dalam memahami data-data yang disajikan web reporting tersebut, kemudian gabungkan dengan tujuan dan prioritas bisnis yang ingin dicapai.

Misal, saat membangun website, Anda menargetkan usia pengunjung di atas 30 tahun. Namun dalam web reporting, jumlah pengunjung rata-rata justru didominasi orang-orang di bawah 18 tahun.

Nah seorang Web Analyst akan langsung mengambil dan menindak data tersebut, mencari tahu penyebab target usia pengunjung yang gagal terpenuhi, kemudian mereka akan menyimpulkan dan melakukan langkah-langkah konkret untuk mencegah hal tersebut terus terjadi.

Selain itu, seorang Web Analyst pun bisa memperkirakan perubahan tren yang akan terjadi, kemudian memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan posisi website Anda di search engine. Tentu sesuai dengan target pasar website tersebut, bukan hanya sebatas “banyak pengunjung” saja.

Tim Handal Smartdigital.ID

Tim analytics Smartdigital ID akan memberikan reporting metrics lengkap secara berkala dengan menggunakan Google Analytics, Google Webmaster Tools dan beberapa metrics tools premium yang kami miliki.

Dengan report yang komprehensif dan akurat, maka kami dapat memberikan panduan tentang bagaimana kemajuan bisnis Anda setelah menggunakan layanan kami.

Memastikan apakah bisnis Anda tetap berada di jalur yang semestinya serta hal-hal apa saja yang bisa dimaksimalkan lagi agar bisnis yang Anda kelola dapat menghasilkan lebih banyak profit di masa depan.