Content Marketing

Onpage Content Marketing

Content Marketing merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis online yang Anda lakukan. Dengan content marketing yang benar, maka Anda dapat berinteraksi serta terhubung dengan para pelanggan. Bahkan lebih jauh lagi, content marketing dapat menjadi sarana Anda untuk membangun brand Anda di masa depan.

Bisnis online tentu tak lepas dari content marketing. Alasannya cukup jelas, karena bisnis online menawarkan produknya bukan melalui percakapan seperti halnya yang dilakukan oleh sales door to door kepada calon konsumennya, akan tetapi pemasaran dilakukan melalui konten-konten yang ada didalam sebuah website.

Dengan content marketing yang baik, maka banyak hal yang bisa Anda dapatkan, diantara sebagai berikut:

Membangun kepercayaan

Konten pemasaran atau content marketing tak hanya berfungsi untuk menjaring pelanggan baru, akan tetapi juga untuk membangun ikatan terhadap pelanggan setia Anda (retention customer) sekaligus membangun branding dari brand yang Anda miliki. Content marketing tak melulu hanya menawarkan produk, tapi juga berfungsi untuk memberikan konten-konten informatif yang mungkin dibutuhkan bagi pelanggan Anda. Dengan demikian, maka pelanggan dapat menemukan hal lain yang bermanfaat bagi mereka selain dari produk-produk yang Anda jual. Teknik ini dinamakan teknik soft-selling. Meskipun kemasannya berupa informasi, namun sebenarnya dapat juga diarahkan untuk menjadi konversi.

Top of mind

Dengan konten pemasaran yang jitu, maka sesungguhnya Anda tak hanya menjual produk Anda, akan tetapi juga menempatkan produk Anda dalam “top of mind” pelanggan Anda. Saat brand Anda sudah ada dalam pikiran mereka, maka apa pun yang Anda jual pasti dapat di konversi!. Konten berkualitas yang disampaikan secara teratur membuat brand Anda memiliki otoritas terhadap produk yang Anda jual. Memiliki otoritas tentu menjadi hal yang penting untuk membangun kepercayaan. Mengapa kepercayaan menjadi hal penting dalam bisnis online?. Jawabannya adalah karena kepercayaan adalah sesuatu yang membuat pelanggan Anda memutuskan untuk melakukan pembelian.

Memahami pelanggan Anda

Konten-ketika yang disampaikan melalui website Anda memungkinkan Anda untuk mendapat umpan balik. Dengan umpan balik, maka Anda dapat mengukur tingkat kepuasan pelanggan Anda. Lebih dari itu, Anda juga dapat mengetahui kebutuhan mereka dan menganalisa segmentasi pasar dari sisi demografi. Konten yang terbaik adalah konten yang dapat menginspirasi sebuah diskusi, loyalitas, memprovokasi pikiran untuk meningkatkan engagement dari konsumen Anda.

Meningkatkan efektifitas Search Engine Optimization (SEO)

Tak hanya untuk menjaring potensial konsumen Anda saja, tim kami di Smartdigital ID! memiliki keahlian dalam membuat onpage konten marketing yang tak hanya bagus dari sisi kualitas terhadap user, akan tetapi juga dari Search Engine Optimization (SEO) untuk website Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya Google adalah mesin pencari berbasis contextual, artinya Google merayapi konten-konten yang ada di dalam website, kemudian melalui algoritmanya melakukan perankingan. Dengan memenuhi unsur konten yang bermutu, maka secara otomatis ranking website Anda juga akan semakin baik di mesin pencari.

Dengan konten yang berkualitas, maka kedua hal tersebut dapat bersinergi dengan baik. Di satu sisi Anda bisa mendapatkan kunjungan dari mesin pencari, di sisi lain Anda juga bisa “menggerakkan” keinginan mereka untuk melakukan pembelian.