Home » Analytics » Overall Web Checking

Overall Web Checking

web checking

Membangun sebuah website tidak berhenti ketika proses coding selesai, ada beberapa hal lainnya yang sangat penting dilakukan untuk mendapat manfaat maksimal dari website tersebut, salah satu langkah yang wajib dilakukan adalah dengan melakukan optimasi SEO.

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk melakukannya, mulai dari menentukan kata kunci atau keyword terbaik, membuat halaman website jadi lebih menarik dan ringan, membangun backlink yang sehat, menyajikan konten yang menarik dan lainnya.

Namun dari semua proses optimasi tersebut, semuanya fokus kepada peningkatan kuantitas visitor. Tapi bagaimana dengan kualitas visitornya, seberapa besar bounce rate dan seberapa besar interaksi yang dilakukan visitor dengan produk yang kita tawarkan?

Untuk mengetahui hal tersebut, proses web checking atau dikenal juga dengan istilah audit SEO sangat dibutuhkan sebagai dasar evaluasi dari optimasi SEO yang kita lakukan, sekaligus membantu kita menentukan langkah terbaik untuk melakukan optimasi tingkat lanjut.

Kenapa Harus Dilakukan Web Checking?

Web Checking atau audit website merupakan proses pemeriksaan secara menyeluruh dari semua faktor yang mempengaruhi visibilitas sebuah website dengan cara membandingkan antara kondisi yang ada saat ini terjadi, dengan kondisi ideal suatu website.

Audit situs web dilakukan dengan fokus tujuan utama untuk meningkatkan pemasaran, bukan hanya sekedar untuk meningkatkan traffic atau kunjungan, atau sekedar mendapatkan backlink natural.

Jika bicara tentang penting atau tidak, jelas web checking sangat penting dilakukan secara berkala. Anda bisa melakukan web checking setiap bulan, atau minimalnya sebelum dan setelah Google melakukan update mayor algoritma pencarian mereka.

Dalam melakukan audit website ini, ada beberapa sektor yang wajib dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, terutama beberapa aspek berikut ini:

  1. Aspek desain, dilakukan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengunjung saat berada di situs Anda, termasuk optimasi untuk meningkatkan page load sebuah web.
  2. Aspek konten dan halaman harus sesuai dengan TOS search engine yang jadi target utama (misal Google), ini termasuk evaluasi keterkaitan antara niche sebuah website dengan page dan konten di dalamnya.
  3. Aspek tujuan dan target marketing dari website yang Anda bangun, termasuk mengevaluasi kebiasaan pengunjung, gender, usia hingga tingkat ekonomi.
  4. Aspek keamanan dan backup merupakan hal yang wajib dilakukan, termasuk melakukan update sistem keamanan dan script yang digunakan dalam website tersebut.

Dalam prakteknya, web checking akan memeriksa banyak faktor lainnya yang merujuk kepada keamanan dan ‘kesehatan’ dari website tersebut, termasuk memeriksa kualitas dari backlink website tersebut. Jangan sampai ada broken link, atau link yang mengarah kepada situs-situs ilegal.

Bisakah Melakukan Web Checking Sendiri?

Sebenarnya untuk melakukan pengecekan sebuah website, siapapun bisa melakukannya. Terlebih sekarang ini banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan audit sebuah website. Namun yang jadi masalah, apakah Anda sudah siap dengan data-data digital hasil pemeriksaan tersebut?

Data yang didapat dari hasil web checking, akan tersaji dalam bentuk angka dan bahasa-bahasa teknis yang hanya dipahami oleh seorang SEO engineer. Setelah dibaca, data tersebut kemudian dianalisis, dan hasilnya akan digunakan untuk melakukan optimasi SEO tingkat lanjut.

Maka dari itu, sebaiknya pekerjakan seorang SEO engineer untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh. Umumnya, mereka akan melakukan beberapa langkah teknik yang dibutuhkan agar posisi website di search engine semakin kuat, dan sesuai dengan target market perusahaan Anda.

Proses Optimasi

Proses optimisasi bagi kami di Smartdigital ID bukanlah hanya sekedar menaikkan ranking keyword yang Anda pesan saja, akan tetapi misi kami jauh lebih besar dari itu.

Bagi kami kepuasan klien adalah prioritas utama.

Sehingga menjadi hal yang penting bagi kami agar keyword-keyword tersebut juga tak hanya sekedar mendapatkan ranking, akan tetapi juga secara signifikan mampu meningkatkan penjualan Anda.

“Happy clients” adalah tujuan kami, dan di dorong oleh rasa itu, maka kami pastikan sebelum kami melakukan proses optimisasi mesin pencari.

Kami membantu memberikan rekomendasi terbaik dari kami untuk diaplikasikan terhadap website yang Anda miliki.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan jika bisnis online yang Anda jalankan akan terus menghasilkan keuntungan dari waktu ke waktu.