Audit Halaman Web

Audit Halaman website & konten


audit halaman website dan konten

Saat mengaudit halaman web Anda bisa menggunakan tools gratis seo scoring yang banyak bertebaran di internet.

salah satu rujukan bagus yaitu seoquake addon, disana banyak hal teknis detail yang bisa dibenahi.

Elemen-elemen yang fokus untuk di audit biasanya standarnya adalah:

title tag, meta description, headings tag (h1, h2, h3) alt tag image, hreflang tag, rel nofollow noopener untuk eksternal link (outbound link), konten, canonical, rel alternate dan pagespeed.

Title tag adalah judul dari halaman website yang terletak di bagian header html page. Judul ini untuk tampil di pencarian mesin pencari dan juga di browser tab dan tidak bisa dilihat pengguna di frontend halaman situs.

Meta description

Meta description adalah deskripsi dari halaman website yang terletak di bagian header html page. Meta ini untuk tampil di pencarian mesin pencari dan tidak bisa dilihat pengguna. Meta deskripsi ini merupakan rangkuman konten keseluruhan dan ada maksimal jumlah karakternya.

Rel Canonical

Rel Canonical adalah kode di bagian header html untuk deklarasi pemberitahuan ke mesin pencari mana url asli (original). Tag canonical untuk minimalisir duplikat konten terutama dari url dinamis (parameter url, filtering,utm_source dll).

Rel alternate

Rel alternate adalah kode dibagian header yang dipasang di halaman utama website menuju link ke halaman url berbeda tapi masih milik situs utama. Biasanya link rel alternate ini mengarah ke aplikasi, m.domain, accelerated mobile pages (AMP).

Heading tag

Heading tag (h1,h2,h3 dst) adalah standar heading dalam sebuah landing page. Idealnya unsur heading h1 s/d h3 harus ada (opsional h4 s/d h6). heading tag sinyal google dalam membaca relavancy konten dengan kata kunci. Heading ini juga tampil di frontend (dilihat pengguna).

Image alt text

Image alt text adalah alternative text yang tampil ke pengguna jika image error atau slow connection internet. Alt text image juga meningkatkan visibilitas di pencarian image mesin pencari serta meningkatkan performa document object model (DOM) yang berefek ke pagespeed & seo juga.

Hreflang

Hreflang adalah sinyal bagi mesin pencari untuk memberitahu versi bahasa dan target user sesuai negara sehingga meminimalisir terjadinya duplikat konten.

Cek Konten Berbasis Tekstual


Audit halaman web ini sangat erat kaitannya dengan onsite audit (web keseluruhan), jadi jika memang halaman tersebut sudah termasuk kedalam kategori truncated title & meta description, Anda bisa skip dan fokus di konten dan elemen lainnya saja.

Jika halaman yang diaudit ini salah satu landing page penting untuk menargetkan kata kunci tertentu, sebaiknya di support dengan konten text base.

Cek konten artikel nya apakah duplikat/ similar dengan halaman lain atau dengan website orang lain. Caranya kopi secara acak artikelnya dan paste di pencarian google.

Jika menemukan ada yang copy paste, sebaiknya diubah/ edit atau diganti dengan konten sejenis tapi yang unik dan updated.

Walaupun artikel tidak ada yang kopi paste, tapi jika memang sudah ketinggalan jaman (outdated) maka sebaiknya di revisi lagi, dan jangan lupa masukkan internal saat revisinya.

Rasio teks dalam sebuah halaman cukup mempengaruhi kualitas dari sebuah landing page.

Jadi itulah kenapa faktor konten sangat penting diera seo modern sekarang ini.

Jika artikel memiliki duplikasi baik dalam website sendiri maupun dari website luar, efeknya seo pasti tidak akan bagus.

Apalagi jika di copas oleh web lain tapi tidak menyertakan link ke website Anda. Jadi jalan terbaik adalah ditulis ulang, edit dan update kontennya.

Saat ini sebagian besar website berbasi bisnis maupun blog personal sudah peduli dengan konten artikel.

Bahkan perusahaan, start-up maupun ecommerce rata-rata memang mempersiapkan penulis profesional untuk artikel dalam website mereka.