Redirect & Error Page

Redirect dan Halaman Error Kode Status Http Header

redirect dan error page

Sebuah server akan memberikan respons status http atas permintaan user saat ingin mengakses website secara online. Status kode ini bermacam-macam namun yang paling umum seperti status http 200 adalah normal dan bisa diakses, 301 adalah redirect permanent, 302 redirect sementara, error 404 adalah not found, 403 terlarang (tidak berhak mengakses). Untuk detail list error ini bisa dilihat di situs wikipedia.

Status redirect dan error ini harus diperhatikan juga jika ingin website Anda bagus untuk mesin pencari. Terutama redirect seperti 301 (permanent). Redirect 301 ini bagus untuk menghindari terjadinya duplikat dan backlink yang sudah ada akan tetap diperhitungkan, sementara redirect 302 bersifat sementara.

Pada umumnya, halaman error tidak begitu mempengaruhi SEO pada situs web apalagi jika memang halaman tersebut sudah dihapus.


Namun akan jadi masalah jika 404 not found ini di internal linking pada halaman lain. Begitu juga jika terjadi 404 not found secara massive (banyak) akibat website kena hack atau inject script.

Untuk membenahi halaman redirect dan error ini harus diketahui dulu penyebabnya, sehingga bisa langsung diperbaiki atau mana yang tidak perlu.

Efek EAT pada Halaman Error

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness. Dalam dunia SEO EAT ini sangat berpengaruh bagi mesin pencari Google sebagai sinyal untuk ranking. Pihak google juga sudah meluncurkan dokumen tentang ini.

Referensi resmi dari google menyarankan agar halaman error 404 diperbaiki dari sisi tampilan (custom 404) yang memberikan penjelasan kepada pengguna bahwa halaman tersebut tidak ada serta memberikan tautan ke halaman utama (homepage).

Get Our Featured Service