Website SEO Audit

Pentingnya Kesehatan Situs


website seo audit

SEO website audit adalah aktivitas menganalisa performa atau kesehatan situs web secara keseluruhan.

Apakah sudah optimal dan siap untuk melakukan search engine optimization (SEO) campaign.

Idealnya melakukan audit website ini dilakukan secara berkala dengan rentang waktu tertentu sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan.

Namun jika dalam monitoring (organik trafik, rank position SERP) terjadi drop secara signifikan, maka seo web audit harus segera dilakukan ulang.

Sebelum melakukan proyek optimalisasi website di mesin pencari, kegiatan web audit ini sudah menjadi keharusan. Baik itu personal, perusahaan atau agency pasti akan melakukan audit situs terlebih dahulu.

Bagian yang Diaudit

Sebelum melakukan web audit tentunya harus di pisahkan dulu berdasarkan elemen dan fungsi didalam website. Faktor tersebut bisa dikelompokkan sebagai berikut:

Masalah teknis seo

  • Infrastruktur website (hosting,CMS, aksesibiitas web)
  • Sistem title tag, meta description website (jika mengharuskan auto), seperti truncated dan sebagainya
  • Duplikat title & meta description
  • Sitemap (list & update url) untuk mesin pencari
  • Robots.txt file
  • Sistem keamanan situs
  • Themes (apakah mobile friendly), document object model (DOM) optimized
  • Error koding

Masalah struktur on site web

  • Susunan hierarchy website (kategorisasi, tag & sejenisnya)
  • Parameter (dinamis url) seperti filtering dan sebagainya.
  • Keyword Cannibalism (bentrok antar halaman untuk penargetan keyword tertentu)
  • Noindex, nofollow, noreferrer implementasi

Halaman landing page (onpage)

  • Title tag, meta description, headings tag (h1, h2 dst)
  • Image alt tag, canonical, alternate
  • Kecepatan loading halaman website
  • Kualitas konten (apakah duplikat internal maupun external)
  • Keyword stuffing (spam konten)
  • Internal linking

Offpage link building/ Inbound link

  • Audit teknik link building jika memang pernah melakukannya
  • Cek apakah ada backlink dari spam konten / website
  • Apakah ada kompetitor yang melakukan negative SEO
  • Mengelompokkan list backlinks dan memilah mana yang harus di disavow dan yang dipertahankan

Dari masing-masing faktor tersebut, dibuatkan file khusus seperti excel atau google drive spreadsheet dan dipilah/ pisahkan. Setelah itu mulai dilakukan perencanaan pembenahan.

Kunci dari SEO website audit

Kunci utama dari audit ini tentunya implementasi pembenahan serta solusi dari tiap-tiap unsur error hasil audit.

Untuk melakukan website audit tentu membutuhkan SEO tool, Anda bisa memakai tool gratis seperti dari Google search console langsung, screaming frog, seo spyglass.

Namun kami menyarankan untuk menggunakan Tool berbayar dan salah satu yang terbaik adalah ahref.