Website Infrastructure

Infrastruktur website & Speed

website infrastructure

Infrastruktur website ini erat kaitannya dengan server dan sistem website dibuat, mulai dari domain name server (DNS), pilihan hosting, SSL https, security, load balancer dan sebagainya.

Team web developer atau enginer memang harus mulai aware dengan SEO begitu juga sebaliknya, praktisi SEO harus faham masalah teknis dan juga website development. Pemilihan hosting saat ini sangat penting agar performa situs baik, karena hosting juga memiliki peranan besar agar optimasi web SEO di mesin pencari bagus.

Selain bagus dari sisi uptime server hosting, pertimbangkan juga paket yang akan dipilih. Kami yakin ada banyak penyedia hosting yang bagus baik di Indonesia sendiri maupun dari luar, namun jadi tidak efektif ketika salah memilih paket di hosting tersebut.


Jangan lupa untuk menghitung estimasi perkiraan seberapa banyak target trafik visitor ke situs yang ingin Anda capai atau trafik current (saat ini, apakah perlu upgrade atau tidak), dari estimasi ini nanti bisa menyimpulkan tipe paket hosting yang akan dipakai. Pertimbangkan juga akses bot mesin pencari khususnya Google, karena saat merayapi (crawl) situs Anda para bot ini jelas membuat server juga sibuk.

Belum lagi jika Anda berniat melakukan email marketing melalui server hosting langsung, saran Kami sebaiknya menggunakan Google suite yang khusus untuk email jadi tidak membebani hosting web utama Anda.

Faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih hosting

Jika memang berniat hosting di tempat baru atau upgrade, ada baiknya Anda mencari situs review hosting terpercaya (netral review dan diuji coba). Cek satu-satu setiap hosting, fitur apa saja yang Anda dapatkan atau bisa ditanya ke customer service nya jika memang fitur tidak ditampilkan.

Fitur ini juga menjadi patokan untuk pemilihan framework atau CMS apa yang akan Anda pakai. Jadi Anda bisa compare langsung dari tiap-tiap penyedia hosting. Jangan mencari tempat hosting berdasarkan pencarian google saja seperti hosting terbaik dan sebagainya, karena setiap penjual pasti bilang terbaik toh!

Setelah fix memilih hosting, tentunya jangan lupa dari sisi keamanan situs (web security), karena bagian keamanan website sangat...sangat penting banget.

Terakhir, pastikan situs memiliki struktur yang rapih, terutama dari sisi kategori, tagging, arsip dan lainnya serta seting mana yang boleh diindex dan tidak. Sehingga memiliki susunan yang bagus dan ini nantinya akan meminimalisir terjadinya duplikasi pada website.

Get Our Featured Service