Internal Link Management

Internal link management & 404 internal link solving

internal link management

Internal linking adalah salah satu faktor kunci penting untuk mendapatkan website/ domain authority tinggi dan optimasi SEO website, kekuatan internal linking tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu melakukan manajemen internal link dan konten di setiap halaman website sangatlah penting.

Bagaimana cara efektif agar internal link ini bisa dengan mudah diterapkan? Anda bisa mengontrol internal link dengan melakukan arsipmen, masukkan semua url penting (permalink yang menjadi target keyword tertentu) berserta target anchor internal linkingnya. Bisa dibuatkan google drive spreadsheet dan diakses oleh team terutama bagian content writer.

Agar kesannya tidak memaksakan internal link, sebaiknya ditentukan dulu minimal ada berapa link yang harus dimasukkan dalam konten. Dan jangan lupa agar tidak terlalu memaksakan link ke halaman yang tidak terlalu relevan, natural saja


Internal link Versi Related Post

Timbul pertanyaan, bukannya sudah ada related post yang sudah diterapkan? Related post atau artikel terkait yang ada biasanya memakai script, hanya terbaca bagi pengunjung web (manusia) tapi jika Anda view source htmlnya, related post itu hanyalah berupa kode script.

Hal ini sangat tidak seo friendly apalagi jika sudah dikaitkan dengan mobile first indexing yang akan berlaku pada semua website di seluruh dunia per september 2020.

Error 404 Not Found Url

Halaman error not found 404 tidak begitu masalah bagi website tapi akan jadi masalah besar jika halaman error 404 tersebut ternyata di internal linking pada halaman lain. Biasanya ini terjadi ketika melakukan internal link, halaman tersebut masih eksis atau belum ada perubahan url (revamp).

Cara efektif untuk detek url 404 yg di internal linking adalah dengan menggunakan tool deadlink checker lalu setelah selesai melakukan deteksi url 404, Anda bisa benahi satu persatu, bisa dihapus link nya dari konten atau diganti dengan url yang valid.

Sama halnya dengan manajemen internal linking tadi, url list 404 jika memang banyak bisa dilisting dalam sheet excel atau lebih bagus lagi dalam google drive spreadsheet sehingga team bisa mengakses bersama-sama.

Get Our Featured Service