Duplicate Content Issue

Duplikat title tag
meta description & headings tag

duplikat meta seo

Pengaruh terjadinya duplikat konten, title tag, meta description pada website sangat mempengaruhi kesehatan sebuah situs website. Jangan anggap sepele jika di report Google search console tool menemukan issue seperti ini.

Untuk itulah masalah ini harus segera diperbaiki, karena akan sulit menjadikan website seo friendly jika terjadi banyaknya duplikat title & meta description.

Untuk mendeteksi duplikat ini, Anda bisa periksa melalui google search console tool, bisa juga dengan screaming frog (versi gratis 500 url acak)


Faktor penyebab terjadinya duplikat

Hal yang sering membuat terjadinya banyak duplikat ini adalah, jika website Anda wordpress biasanya salah setting di plugin seo. Atau jika menggunakan CMS sendiri sering terjadi salah setting juga apalagi jika banyak halaman dalam website tersebut.

Tidak ada nya tag rel canonical, atau lupa pasang rel alternate jika web Anda memiliki versi mobile yang berbeda seperti m.domain dan AMP (accelerate mobile page) dan di versi AMP tidak dipasang canonical.

Jika memang halaman website Anda sudah sangat banyak landing page dan sulit untuk edit title tag, meta description secara manual, maka sistem truncated bisa jadi solusinya.

Truncated adalah title dan meta yang di set otomatis, mulai dari jumlah karakter hingga tambahan kata unik di setiap title & meta description. Semakin banyak unik ID yang ditarik dan dimasukkan dalam auto meta truncated ini makin bagus. Team website development Anda pasti tahu akan hal ini.

Itu baru duplikat dari sisi teknis, hindari juga terjadinya duplikat konten meskipun hanya 1 paragraf awal atau biasanya suka ada yang pasang artikel pendek khusus di bagian footer. Edit atau ganti dengan artikel yang seunik mungkin setiap halaman situs.

Get Our Featured Service