Keyword Cannibalism SEO

Keyword Cannibalisation dalam SEO

keyword cannibalisation

Apa itu Halaman Kanibal di Website? Sesuai dari kata yang dipakai, halaman kanibal adalah halaman yang bentrok dengan halaman lain untuk penargetan kata kunci tertentu. Untuk itulah diperlukan perencanaan struktur website yang baik untuk menghindari terjadinya cannibalism ini.

Sistem hierarchy yang benar cukup efektif untuk mengurangi resiko terjadinya keywords cannibalism tersebut. Jadi Anda bisa membuat konten utama yang membahas secara general, kemudian halaman pendukung yang berisi konten lebih spesifik sesua sub-sub kategori pembahasannya.

Misalnya Anda membuat halaman khusus yang berisi konten tentang bisnis, lalu membuat halaman pendukung yang menulis tentang bagian bagian dari tipe bisnis (sub tema bisnis), bisnis online misalnya dan lain sebagainya. Istilah hal semacam ini disebut topic clusters, yaitu membuat konten pilar dan konten pendukungnya.

Apa efeknya Jika terjadi keyword cannibalism?

Mungkin sebagian dari Anda akan menganggap biasa-biasa saja dengan masalah ini, tapi tahukah Kamu bahwa jika terjadi banyak kata kunci kanibal dalam sebuah website, nilai authority website juga terpengaruh. Selain itu, akan sulit bagi Anda untuk menentukan target link building untuk kata kunci tertentu (atau keyword grouping).

Hal lain yang bisa berdampak adalah, keyword yang Kamu targetkan akan sulit bersaing di mesin pencari, karena halaman tersebut sibuk bersaing dengan halaman lain dalam website itu sendiri. Serta akan terjadi perubahan url halaman target di mesin pencari untuk kata kunci yang ditargetkan secara rutin (tidak konsisten di SERP).

Edit halaman yang similar, lakukan redirect 301 jika memang mengharuskan sehingga faktor keyword kanibal ini bisa teratasi serta tidak merusak unsur seo situs Anda.

Get Our Featured Service